Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bertemu Presiden Jerman, Jokowi Bahas Situasi Dunia

Kamis, 16 Juni 2022 | Kamis, Juni 16, 2022 WIB Last Updated 2022-06-16T08:16:28Z

 


MP Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan kedua kepala negara ini banyak membahas mengenai hubungan politik antar Negara serta situasi dunia saat ini. 


Jokowi mengatakan berbagai isu strategis menjadi bahan pembicaraan yang hangat diperbincangkan. Salah satunya yakni mengenai jalinan hubungan yang selama ini sudah terjalin baik antara kedua Negara. 


“Di pertemuan empat mata tadi, kita sudah membahas banyak hal baik mengenai hubungan Indonesia–Jerman maupun situasi dunia saat ini,” kata Jokowi dilihat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/6/2022).


Pada kesempatan yang sama Jokowi juga tidak lupa menawarkan kerja sama dalam upaya menguatkan sektor ekonomi. Utamanya, lanjut dia, mengenai hubungan ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jerman. 


“Dalam pertemuan ini akan kita lanjutkan untuk membahas kerja sama ekonomi bilateral,” sambung Jokowi.


Jokowi menyebut, 2022 ini menjadi tahun peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Jerman. Karenanya mesti dijadikan momentum untuk semakin memperkuat kemitraan yang telah terjalin sejak tahun 1952.


“Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer Documenta Fifteen di Jerman, yang menggandeng kelompok seniman Indonesia Ruang rupa, yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Steinmeier,” ujar Jokowi.


Lebih lanjut Jokowi menyampaikan kedatangan Presiden Steinmeier ke Indonesia menandakan hadirnya sebuah inklusifitas yang tinggi. Sehingga dia menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam terhadap Negara Jermasn. 


“Sekali lagi saya ingin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Steinmeier dan rombongan Jerman di Indonesia. Tentunya ini merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini,” pungkas Jokowi.(*) 

×
Berita Terbaru Update