Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bimtek IPKD Regional Sumatera, Gubernur Lampung Ajak Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan

Rabu, 20 April 2022 | Rabu, April 20, 2022 WIB Last Updated 2022-04-20T09:48:33Z

 


MP Bandar Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, melalui Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, mengajak Provinsi se- Sumatera bersama menunjukkan kontribusi dalam pembangunan nasional salah satunya dalam pengelolaan keuangan daerah yang baik. 


Hal itu disampaikan Fahrizal saat membuka Bimbingan Teknis Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Regional Sumatera di Hotel Emersia, Rabu (20/4/2022). 


Acara ini dihadiri Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pembangunan dan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Heru Tjahyono. 


"Mari bersama kita optimis agar ke depan pembangunan akan semakin lancar dan baik sehingga Sumatera menunjukkan kontribusinya dalam pembangunan nasional," ujar Fahrizal. 


Kegiatan yang diselenggarakan oleh  Kemendagri ini berlangsung mulai tanggal 19-21 April 2022. 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan dan akuntabilitas. 


Pengukuran IPKD ini salah satunya untuk memacu dan memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah. 


Fahrizal mengatakan Provinsi Lampung sendiri dalam pengelolaan keuangannya mendapatkan apresiasi dari Kemendagri. 


Bahkan Provinsi Lampung dikatakan dapat dijadikan percontohan daerah lain dalam tata kelola keuangan daerah di era digitalisasi saat ini. 


"Semoga kita semua dalam pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik, sehingga Provinsi di Sumatera bisa menjadi tumpuan nasional," katanya. 


Fahrizal mengatakan Lampung yang juga dekat dengan DKI Jakarta, mampu berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan nasional. 


"Kita juga surplus bahan pangan mulai dari padi, gula, singkong, jagung termasuk daging mensupport ketahanan pangan secara nasional," ujarnya. 


Untuk itu, Fahrizal mengajak seluruh Provinsi di Sumatera untuk saling bersinergi dalam pembangunan. 


Fahrizal menyebutkan Lampung sangat terbuka untuk saling bertukar informasi dan menjalin kerjasama. 


"Beberapa waktu lalu juga adanya Rakor Gubernur se- Sumatera. Disitu kita membangun komunikasi, bekerjasama dan saling melengkapi, menguatkan daya saing kita Provinsi se- Sumatera," katanya. 


Acara ini diikuti oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Bappeda, Badan Litbang dan Dinas Kominfo Provinsi se- Sumatera.(*) 

×
Berita Terbaru Update