Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketua DPRD Pringsewu Hadiri Murenbang RKPD Tahun 2023

Rabu, 23 Maret 2022 | Rabu, Maret 23, 2022 WIB Last Updated 2022-03-23T14:20:51Z

 


MP Pringsewu - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pringsewu Suherman, S.E., hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.


Musrenbang yang digelar Pemerintah Kabupaten Pringsewu dibuka oleh Bupati Pringsewu Sujadi di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (23/03/22), dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprov Lampung terkait, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan Forkopimda secara langsung, juga tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, forum anak, unsur perbankan, para camat, para kapekon serta lurah dan stakeholders lainnya secara virtual.


Membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan mengatakan Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu dari 5 kabupaten dengan periode RPJMD berakhir pada tahun 2022 ini.


Menyikapi hal tersebut, pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri menginstruksikan untuk menyusun dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2023-2026 dalam masa transisi Pilkada 2024. "Oleh karena itu, program pembangunan daerah Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 harus disinergikan dan dilaksanakan sesuai RPD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023-2026 dimaksud", katanya.


Lebih lanjut dikatakan bahwa kinerja pembangunan pilar ekonomi daerah sepanjang tahun 2021 semakin membaik meski di tengah pandemi. Hal ini ditandai dengan indikator pertumbuhan ekonomi yang terus menunjukkan tren positif setiap triwulan. "Hingga akhir 2021, ekonomi Lampung tumbuh positif sebesar 2,79% dibanding tahun sebelumnya yang tumbuh negatif 1,67%. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan ekonomi Pringsewu berkontribusi sebesar 2,91% di tahun 2021", ungkapnya.


Gubernur melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra juga mengapresiasi Bupati Pringsewu dan jajaran Pemkab Pringsewu atas capaian penyelenggaraan tata kelola keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) beberapa kali dan penghargaan pembangunan daerah Saburai dari Pemerintah Provinsi Lampung.


Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Pringsewu mengacu kepada Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2023-2026.


Sesuai arah kebijakan pada rancangan awal RKPD Provinsi Lampung, RPD Kabupaten Pringsewu Tahun 2023-2026 dan isu-isu strategis daerah yang berkembang, lanjut bupati, maka tema pembangunan Kabupaten Pringsewu 2023 adalah 'Penguatan Tata Kelola Pemerintahan untuk Menunjang Pemulihan Ekonomi Daerah'. "Sedangkan prioritas pembangunan tahun 2023 adalah Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, Pembangunan manusia yang berkualitas, Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada sektor strategis, Penataan kawasan perkotaan yang berkelanjutan, dan Peningkatan kualitas tatanan sosial masyarakat", katanya.


Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan piala dan piagam penghargaan untuk Musrenbang Kecamatan Terbaik, masing-masing kepada Kecamatan Pardasuka (terbaik pertama), Kecamatan Banyumas (terbaik kedua) dan Kecamatan Pringsewu (terbaik ketiga). (Th)

×
Berita Terbaru Update