Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Doa Jokowi di Titik Nol IKN: Semoga Barokah Allah SWT Berikan Kemudahan

Senin, 14 Maret 2022 | Senin, Maret 14, 2022 WIB Last Updated 2022-03-14T04:00:12Z


MP Kalimantan Timur - Presiden Joko Widodo memimpin ritual kendi sebagai simbol dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ritual yang dilakukan di titik nol IKN tersebut dilakukan dengan menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia yang dibawa oleh masing-masing Gubernur.


Selesai dilakukannya seremoni ritual kendi oleh seluruh Gubernur di Indonesia. Presiden Jokowi berharap agar pembangunan di IKN ini bisa berjalan lancar serta diberikan kemudahan oleh Allah SWT.


“Kita berdoa, semoga hidayah dan barokah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” ujar Jokowi, Senin (14/3/2022).


Jokowi mengatakan filosofi penggabungan tanah dan air dari 34 Provinsi ini melambangkan kesatuan dan keberagaman dari masing-masing Daerah. 


Di mana, setiap Daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal yang berbeda-beda. Sehingga ritual kendi ini bermakna simbolis meleburnya tanah air menjadi satu di Nusantara.


“Ini merupakan bentuk kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi.


Jokowi berharap seluruh stakeholder dan pihak-pihak yang terkait bisa ikut bersinergi dalam pembangunan IKN tersebut. Sehingga, lanjut Jokowi, cita-cita besar bangsa membangun IKN ini bisa cepat terwujud.


“Kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat akan sangat membantu. Agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ucap Jokowi.


Selain melakukan ritual kendi, Presiden dan seluruh Gubernur di masing-masing Provinsi melaksanakan penanaman pohon di IKN. Setiap Kepala Daerah menanam pohon khas wilayahnya masing-masing.(*) 

×
Berita Terbaru Update