Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ditengah Ekonomi Yang Sulit,Warga Berjibaku Perbaiki Jalan Rusak

Jumat, 11 Maret 2022 | Jumat, Maret 11, 2022 WIB Last Updated 2022-03-11T11:48:10Z

 


MP Lampung Utara -- Ratusan warga Lingkungan 3 kelurahan Bukitkemuning kecamatan Bukitkemuning kabupaten Lampung Utara (Lampura) untuk ke sekian kalinya melakukan bergotong royong memperbaiki jalan rusak yang berada di RT 04 atau tepat nya di Jalan Bakti Karya, dengan cara 'dicor' Jum'at (11/03/2022).


Jalan tersebut merupakan jalan utama bagi warga setempat yang akan keluar masuk dari dan menuju ke pemukiman terutama bagi warga yang ada di RT tersebut.


Gotong royong dilakukan karena warga menyadari jika menunggu perbaikan dari pemerintah akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan belum tentu terealisasi.


"Kami menyadari jika kami berpangku tangan dan berharap jalan dibangun oleh pemerintah, kapan akan terealisasi, di sisi lain jalan sudah rusak berat dan sudah beberapa kali membuat warga yang melintas terjatuh," ungkap Islani CA salah seorang tokoh masyarakat di wilayah itu.


Dia mengatakan, gotong royong yang di gelar pada hari ini adalah gotong royong yang kesekian kali, pertama kali gotong royong dilakukan di awal Pandemi Covid 19 Dua tahun yang lalu.


"Karena keterbatasan dana, awal pengecoran dua tahun lalu, dilanjutkan setahun yang lalu dan saat ini, ya kurang lebih ada 5 tahap," jelas Islani CA.


Meski tidak merinci secara detail berapa jumlah dan dari mana dana di dapat, ia menyebutkan bahwa perbaikan jalan sepanjang hampir 400 meter dan lebar 3,5 meter menelan dana dikisaran angka Rp. 200 juta.


"Persisnya berapa dana yang di habiskan, saya nggak tahu tapi kalo saja tenaga masyarakat di hitung dengan asumsi upah harian Rp. 100 ribu, mungkin jalan ini menelan dana di kisaran Rp. 200 juta," tambah Islani yang juga merupakan Ketua DKM Masjid setempat.


Hal senada juga diungkapkan oleh Heriyanto selaku Kepala Lingkungan, kesadaran masyarakat di sekitar pelaksanaan gotong royong cukup tinggi, hal itu terlihat dari banyaknya dana yang terkumpul dan banyak warga yang bergotong royong, bahkan beberapa kali masyarakat rela lembur hingga hampir tengah malam.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kelurahan Bukitkemuning, saya mengucapkan terimakasih atas kekompakan dan jerih payah warga serta sumbangan dari para dermawan, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada masyarakat terutama peserta gotong royong," ujar Heriyanto.


Akses jalan tersebut sambung nya, sudah beberapa kali di usulkan ke pemerintah kabupaten melalui Musrenbang, mungkin proses dan waktu nya masih butuh waktu lama, masyarakat dengan tokoh masyarakat berinisiatif melakukan gotong royong, baik material maupun tenaga.


"Pembangunan seharusnya sudah dilaksanakan. Karena situasi dan kondisi seperti ini serta luasnya wilayah kelurahan Bukitkemuning, pembangunan butuh waktu, sementara masyarakat sudah tak sabar menunggu apalagi menunggu hal yang belum pasti," ungkap Heriyanto.


Dia menghimbau pada seluruh masyarakat untuk turut andil dalam setiap pembangunan yang dilaksanakan untuk kemajuan bersama karena dengan bersama hal yang mustahil dilakukan dapat terlaksana.


"Peran serta masyarakat sangat berpengaruh terhadap kemajuan di suatu wilayah. Jika masyarakat aktif dan dapat bekerjasama dengan pemerintah maka dapat dipastikan wilayah itu akan lebih 

maju. 


Mengakhiri ucapan nya Heriyanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, baik masyarakat sekitar terutama kepada Rubianto, S. sos selaku Pengurus Muhammadiyah kecamatan Bukitkemuning dan sebagai Penanggung jawab SD IT Aisyah Bukitkemuning.(*)

×
Berita Terbaru Update