Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Jokowi Instruksikan Basarnas Lindungi Masyarakat

Senin, 21 Februari 2022 | Senin, Februari 21, 2022 WIB Last Updated 2022-02-21T12:49:25Z


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan instruksi khusus kepada Badan Pencarian dan Pertolongan atau lebih dikenal Badan SAR Nasional (Basarnas). Jokowi berpesan agar Basarnas tetap menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat dari bencana.


Pernyataan Jokowi itu disampaikan dalam acara Rakernas memperingati ulang tahun Basarnas ke 50 tahun di Istana Negara, Senin 21 Februari 2022.


Jokowi mengatakan tantangan kedaduratan bencana ke depan akan semakin besar. Sehingga Jokowi berharap Basarnas bisa memberikan pelayanan sekaligus perlindungan dengan sigap dan maksimal.


“Saat ini, tantangan dalam menghadapi situasi kedaruratan akan makin besar. Tetapi, dalam situasi apa pun pelayanan SAR harus sigap dan cepat untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia, di mana pun, dan dalam situasi apa pun,” ujar Jokowi.


Jokowi berpesan agar Basarnas bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk 

memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Jokowi juga mengimbau agar Sumber Daya Manusia (SDM) tim SAR semakin ditingkatkan.


“Pada kesempatan ini, saya meminta Basarnas untuk memperbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia SAR,” kata 

Jokowi.


Lebih lanjut, Presiden RI ke-7 ini juga menekankan agar Basarnas bisa terus memperkuat sinergi antar tim. Serta, lanjut Jokowi, Basarnas harus mampu mengantisipasi bencana yang terjadi di negeri ini.


“Memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan berbagai potensi SAR lainnya, dan memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi bencana,” ujar Jokowi.(*) 

×
Berita Terbaru Update