Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menjalin Silaturahmi, Civitas Akademika STIPER Belitang Menyelenggarakan Seminar Agribisnis dan Iftar Ramadhan

Selasa, 02 April 2024 | Selasa, April 02, 2024 WIB Last Updated 2024-04-02T01:08:28Z
MP OKU TIMUR — Keluarga Besar Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Belitang menyelenggarakan kegiatan Seminar Agribisnis dan Iftar Ramadhan. Pada kesempatan kali ini, STIPER Belitang mengangkat tema seminar "Agribisnis Berkelanjutan di Era Industri 5.0" dan tema spesial Iftar Ramadhan "Merajut Kebersamaan di Tengah Perbedaan untuk Kampus Tercinta STIPER Belitang". Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Senin, 1 April 2024, di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Belitang.

Acara ini berjalan lancar, dihadiri Kepala Yayasan Arwitha STIPER Belitang, segenap dewan dosen & mahasiswa dari semester 1 hingga semester akhir.

Kepala Yayasan Arwitha STIPER Belitang Sugeng Supriyanto SP MM mengisi iftar ramadhan dengan kajian ramadhan agar senantiasa menjadi insan beriman dan bertakwa seperti yang disebutkan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah : 183. 

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa guna mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, dan menyadarkan bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan hewan, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu dari umat para nabi terdahulu agar kamu bertakwa dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah." 

Selanjutnya dilanjutkan materi Seminar Agribisnis disampaikan Bapak Iman Sulaiman SP MSi, hingga menjelang berbuka puasa.

Iftar Ramadhan diselenggarakan mengacu pada sebuah perjamuan saat muslim melakukan buka puasa atau lebih dikenal dengan buka puasa bersama. Berbuka puasa bersama, menjadi hal yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan puasa. Hal ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang yang terdekat.

Tujuan iftar ramadhan STIPER Belitang ini, selain lebih mempererat tali silaturahmi, mungkin tidak banyak yang mengetahui alasan buka puasa bersama, dapat memperpanjang usia. Hal itu karena berbuka puasa dapat dijadikan peristiwa untuk saling mendoakan, saling berbagi perasaan sehingga meredakan ketegangan psikis. Iftar ramadhan juga merupakan suatu interaksi positif, salah satunya, Mahasiswa STIPER Belitang dan Dewan Dosen saling mengenal satu sama lainnya

Iftar ramadhan mengandung keutamaan dalam berbuka puasa, salah satunya adalah memberi makanan kepada orang yang berpuasa. "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi).

Kegiatan Iftar ramadhan ini diselingi dialog santai dan pembagian kupon hadiah untuk mahasiswa yang hadir. 

Iftar Ramadhan ini akan lebih mendorong kita pada silaturahmi, spiritual, legasi, koordinasi dan komunikasi. (Hoirur Rozikin)
×
Berita Terbaru Update