Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Plt. Sekda Pesibar Hadiri Pestival Layang-Layang di Pekon Marang Kec. Pesisir Selatan

Minggu, 20 Agustus 2023 | Minggu, Agustus 20, 2023 WIB Last Updated 2024-01-04T19:12:55Z

 


MP Pesisir Barat – Plt. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd menghadiri kegiatan Festival layang-layang yang di adakan di Kecamatan Pesisir Selatan, Pekon Marang, Sabtu (19/08/2023).


Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), I. Nyoman Setiawan, S.E., M.M, Dewan Kesenian Pesisir barat, Anggota DPRD Pesisir barat, camat Pesisir Selatan, Peratin Pekon Marang, dan peserta Festival Layang Layang.


Anggota DPRD Kabupaten Pesbar, Gusti Kade Artawan, selaku penggagas dalam kegiatan festival layang-layang ini,mengatakan, festival layang-layang yang dilaksanakan itu bertujuan salah satunya dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke -78


Terlebih, festival layang-layang belum pernah sekali digelar di Kabupaten pesisir barat ini ,Kadek menjelaskan, ada berapa kategori layang-layang yang bisa mengikuti kegiatan festival ini,yakni layangan pegon, layangan ram-raman, dan layangan janggan. semoga kedepan nya festival layang layang ini bisa menjadi agenda rutin agar nanti nya menjadi nilai ples dalam hal pariwista di kabupaten pesisir barat ini


Kadek juga menjelas kan , untuk penilaiannya pada festival layang layang ini ada beberapa jenis yakni penampilan (kerapian dan keindahan/menarik). Kemudian, penilaian saat layangan itu terbang seperti kestabilan dan lenggoknya.ungkap kadek,”


Dalam Sambutan Plt Sekda Jon Edwar menyampaikan sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya. “Festival ini memberikan kontribusi positif bagi promosi kepariwisataan di kabupaten pesisir Barat ini,


Selain itu,layangan merupakan budaya pesisir yang harus tetap dilestarikan. Apalagi perhelatan lomba layang-layang memberikan wadah penyaluran minat dan bakat di bidang seni dan budaya.


” Ke depan festival ini dapat terus dilaksanakan berkelanjutan dan meningkatkan kualitasnya pada tahun-tahun mendatang agar kemajuan budaya dan pembinaan kesenian yang memiliki nilai-nilai budaya, kearifan lokal, dan karakter bangsa dapat terus dilestarikan. (Rido)

×
Berita Terbaru Update