Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Plt. Sekda Hadiri Diklat Paskibraka

Kamis, 17 Agustus 2023 | Kamis, Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-09-05T03:55:12Z
 
MP Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., melalui Plt. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., menghadiri penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paskibraka Tahun 2023 di Villa Monalisa Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (17/8/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Eksir Abadi, S.H., M.M., Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pesibar, Suryadi, S.IP., M.M, para pelatih dari TNI, Polri, dan PPI Pesibar, serta anggota Paskibraka Pesibar.

“Saya ucapkan selamat terhadap seluruh anggota Paskibraka Pesibar Tahun 2023 atas pencapaian prestasinya. Saya cukup terkesan serta puas atas pencapaian yang baik pada saat puncak peringatan detik−detik proklamasi ke 78 atau pada saat penaikan dan penurunan bendera pusaka merah putih,” ucap Plt. Sekda, Jon Edwar menyampaikan pesan Bupati Pesibar.

Jon berharap usai menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), 40 anggota Paskibraka Pesibar Tahun 2023 dapat menjadi pribadi yang disiplin, bermoral, dan bermental, serta mempunyai keberanian di dalam melaksanakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Setelah selesai digembleng serta kembalinya anggota paskibraka ke lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah masing-masing, diharapkan agar dapat menunjukkan prilaku yang baik sehingga dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya,” harapnya.

Ditegaskannya, pihaknya idak ingin mendengar dan mengetahui adanya alumni Paskibraka Tahun 2023 yang terlibat tindakan kriminal atau larut dalam prilaku menyimpang seperti penyalahgunaan narkotika, pergaulan bebas, dan sebagainya.

“Selain pendidikan olah fisik dan PBB, anggota paskibraka juga digembleng pendidikan mental spiritual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembang rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, memupuk semangat kebangsaan, kecintaan, dan rasa memiliki bangsa dikalangan generasi muda, mewujudkan patriot bangsa dan negara yang berpancasila, mengembangkan sikap disiplin moral dan etika generasi muda Indonesia kearah yang lebih baik,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Jon juga menyampaikan apresiasinya terhadap para pelatih yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dispora, dan PPI Pesibar yang telah mendidik secara maksimal anggota paskibraka. Usai penutupan diklat Paskibraka Tahun 2023, kegiatan tersebut langsung dilanjutkan dengan pelantikan Purna Paskibraka Indonesia oleh Ketua PPI Pesibar.

Dihadapan anggota PPI yang baru terlantik, Suryadi menegaskan tidak sembarang orang untuk bisa masuk dalam PPI, dimana banyak tahapan dan proses yang harus dilalui.

“Karenanya kita harus terus menjaga kekompakan, mempertahankan ilmu pengetahuan, dan menjaga nama baik PPI,” tegas Suryadi. Suryadi juga meminta masa diklat yang diikuti anggota PPI terlantik selama kurun waktu dua pekan untuk dijadikan momentum yang memberikan dampak positif dan manfaat besar bagi masing-masing anggota.

“Sampaikan kepada orangtua bahwa kalian bangga nenjadi anggota PPI dan gunakanlah ilmu yang telah diperoleh dengan sebaik-baiknya,” tandas Suryadi menitip pesan.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan oleh Plt. Sekda dan Kepala Dispora kepada Anggota Paskibraka Pesibar Tahun 2023. (RD)
×
Berita Terbaru Update