Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringati HUT RI ke-78, Kec. Kelumbayan Tanggamus Gelar Upacara Serta Lomba Kreasi Tumpeng

Kamis, 17 Agustus 2023 | Kamis, Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-08-17T14:25:44Z

 


MP Tanggamus - Bertempat di lapangan SMP N1 Kelumbayan Kabupaten Tanggamus,pemerintah Kecamatan Kelumbayan melaksanakan upacara memperingati Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih,dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023, Kamis 17/08/2023. 


Upacara tersebut dilaksanakan dengan penuh semangat dan berjalan dengan lancar,serta tentunya penuh khidmat dengan inspekrur upacara di pimpin langsung oleh Camat Kelumbayan,Darius Putrawan SP.MM.


Terlihat semua peserta upacara fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan upacara.


Camat Kelumbayan mengatakan bahwa selain untuk mengenang jasa para pahlawan, upacara tersebut pun bertujuan untuk menggelorakan semangat perjuangan serta meningkatkan rasa cinta tanah air. 


Pada kesempatan tersebut turut hadir dari unsur TNI POLRI,,Kepala Pekon se-Kecamatan Kelumbayan,Kepala KUA, Tim Penggerak PKK,Dinas Kesehatan Kecamatan Kelumbayan,UPT dan penyuluh Pertanian Kecamatan Kelumbayan, LPM, Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, Guru-guru yang ada di Kecamatan Kelumbayan siswa/siswi tingkat SD, SMP, dan SMA yang ada di Kecamatan Kelumbayan juga tokoh Agama, masyarakat dan tokoh pemuda. 

 

Usai pelaksanaan upacara,acara di lanjutkan dengan sesi poto bersama dan lomba kreasi tumpeng.Karena sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun bangsa Indonesia dalam merayakan  hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, selalu semarak dengan berbagai kegiatan dan lomba sebagai simbol semangat perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.




Hal yang sama di kecamatan Kelumbayan ,gelora dan semangat dalam merayakan HUT RI Ke -78,nampak jelas,dengan ada nya beragam perlombaan sperti lomba jalan sehat dan kreasi nasi tumpeng dengan hadiah yang menarik.


Menurut salah satu Team panitia,Wahyu Dwi Saputra menyatakan, perlombaan ini, merupakan kreatifitas baru karena lomba tumpeng, baru pertama kali diadakan di kecamatan Kelumbayan.


“Sebenarnya Lomba ini diadakan, tumpengnya itu untuk dimakan bersama sebagai bentuk syukur dengan tidak lupa mendo’akan para pahlawan.” jelasnya


Lebih lanjut,Wahyu Dwi Saputra menjelaskan tujuan dari lomba tumpeng, supaya terjalinnya keakraban, mempererat tali silaturahmi.


“Semuanya terlibat diacara ini, ibu-ibu PKK,Dinas pendidikan dari tingkat SD hingga SMA,Dinas Kesehatan,Kecamatan,Pemerintah Pekon,penyuluh pertanian,KUA,yang masing masing membawa 1 nasi tumpeng".sambung nya.


Hal yang senada diungkapkan oleh Sekretaris Kecamatan,Sunardi,saat diminta keterangannya oleh awak media, “bahwa lomba nasi tumpeng ini, bukan mencari siapa juaranya dan apa hadiahnya, tapi bagaimana bisa berkumpul bersama,bergembira dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke -78.


Sunardi berharap,dengan rangkaian acara ini, rasa gotong royong tetap tumbuh dimasyarakat Kecamatan Kelumbayan dan terus menjaga kesatuan dan persatuan seperti yang telah dicontohkan orang-orang terdahulu.


“Semoga kedepannya bisa lebih baik dan lebih meriah lagi, terimakasih kepada seluruh elemen yang telah proaktif dan juga pihak-pihak yang mendukung keberlangsungan acara,” pungkasnya (Obi).

×
Berita Terbaru Update