Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Penyalahgunaan Dana Desa, Kajari: Bakal Ditetapkan Tersangka

Jumat, 16 Juni 2023 | Jumat, Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-06-16T15:24:06Z


MP Tubaba - Penyalahgunaan Dana Desa (DD) Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bakal ditetapkan sebagai tersangka.


Dilansir MonitorEkspres.com. Kejaksaan Negeri (Kejari) Tubaba telah melakukan pembinaan terhadap para oknum pengelola Dana Desa di Tiyuh Tirta Makmur. Namun, lantaran tidak kooperatif.


"Pengelola Dana Desa Tiyuh Tirta Makmur tidak kooperatif dan mereka dalam waktu dekat bakal ditetapkan dengan status tersangka", ungkap Kajari Tubaba. Rabu, (14/6/2023).


Sementara, dari kerugian Negara tersebut diakumulasi mencapai kurang lebih Rp. 300.000.000,00 (Tiga Ratus Juta Rupiah) pada anggaran 2020- 2021.


“Dari Kerugian Negaranya mencapai kurang lebih tiga ratus juta rupiah dari akumulasikan anggaran 2020-2021, dan bulan ini kami akan menetapkan sebagai tersangka", kata Sri Haryanto.


Lanjut Kajari, "Dan di bulan depan berkas akan dilimpahkan ke Pengadilan,” pungkasnya.


Berita sebelumnya.

Maraknya kasus dugaan korupsi penyalahgunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung menjadi perhatian Aliansi Wartawan Siger (AWASI).


Mengingatkan kembali kasus pada tahun 2022, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulang Bawang (Tuba) menetapkan tersangka Kepala Tiyuh (Desa) Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tubaba.


Dan tahun yang sama (2022), Inspektorat Tubaba melaporkan dugaan penyalahgunaan Dana Desa habis untuk berjudi di Tiyuh Karta Kecamatan Tulang Bawang Udik ke pihak Kepolisian (Polres Tubaba).


Tahun 2021, Inspektorat Tubaba melaporkan Kepala Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah ke Kejaksaan Negeri Tulang Bawang (Tuba) yang baru ini sudah ada pemeriksaan dari Kejari Tubaba.


Menanggapi hal tersebut, Pendiri Aliansi Wartawan Siger (AWASI) Sandi Chandra Pratama,S.Psi mendukung penuh kinerja dari Aparatur Penegak Hukum (APH).


"Kami sangat mendukung penuh kinerja APH dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan", ungkap Sandi.


Sandi juga mengajak semua elemen masyarakat, LSM dan Pers ikut serta dalam partisipasi  dan pengawasan dalam pengunaan Dana Desa di Tulang Bawang Barat", pungkasnya. (AWASI)


×
Berita Terbaru Update