Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perangkat Desa Kuala Terusan dan Mahasiswa ITP2I Lakukan Gerakan Penanaman Pohon

Selasa, 07 Maret 2023 | Selasa, Maret 07, 2023 WIB Last Updated 2023-03-08T04:54:41Z
Foto. Ist

MP Riau - Menanam pohon merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi. Dengan pohon dan hutan yang baik, maka akan memberikan kesejahteraan yang baik pula untuk manusia. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi  Riau. Bersama perangkat desa KUALA TERUSAN Dan Mahasiswa ITP2I. untuk turut serta dalam kegiatan penanaman pohon. Penanaman pohon tersebut dilakukan di Desa kuala Terusan; Kecamatan pangkalan kerinci  pada Selasa (7/3/2023). 

Dijelaskan oleh kepala desa kuala Terusan, Hendri mengatakan bahwa untuk Penataan dan penghijauan di wilayah Pantai Jomblo, yang berada di desa kuala terusan, kecamatan pangkalan kerinci, Kabupaten pelalawan, akan ditanami pohon dengan target tahun 2023 sejumlah 10000 pohon yang tertanam. 

“Menanam pohon adalah menanam kebaikan. Sekaligus kita memperbaiki fungsi hutan, sekaligus kita memperbaiki lingkungan hidup yang sehat. Karena alam ini merupakan warisan anak cucu sehingga kita harus sebanyak banyaknya menanam, sesering mungkin menanam,” ungkapnya. 

Selain untuk menyediakan air, menurutnya manfaat lain yang bisa diambil yakni sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas udara. Selain itu, sebagai langkah untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai pengendali banjir, longsor dan erosi. Adapula keanekaragaman hayati yang akan tercipta dengan menanam pohon selain berfungsi meningkatkan daya tampung daerah aliran sungai. 

“Kalau daerah hulu sehat, otomatis di daerah bawah itu sehat. artinya kita harus sudah melakukan aksi kegiatan untuk memperbaiki kualitas hidup. Ada tiga unsur yakni unsur air 30 persen, udara 30 persen, 40 persen kualitas tutupan lahan yang terdiri dari tanaman pepohonan,” ujarnya. 

Sementara itu, Presiden Mahasiswa (presma) Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) , Alfauzi Siregar yang turut menanam pohon mengajak masyarakat ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan. 

“Hari ini kita menanam, generasi berikut akan menikmati hasil yang kita tanam hari ini, maka tanamlah dengan ketulusan dan keikhlasan. Kita hijaukan tanah ini. 
"Kita jaga Alam Alam Jaga Kita" 
pungkas Presma ITP2I. (*)
×
Berita Terbaru Update