Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Curah Hujan Yang Sangat Tinggi Akibatkan Beberapa Wilayah di Kecamatan Terusan Nunyai Di Kepung Banjir

Kamis, 09 Maret 2023 | Kamis, Maret 09, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T05:52:24Z

 

Poto Berbagai Lokasi Yang direndam Banjir, Akibat Curah Hujan Yang Sangat Tinggi, Kec. Terusan Nunyai Kab. Lampung Tengah. Sumber : {Tori}

MP Lampung Tengah -- Banjir merupakan salah satu bentuk dari pada bencana alam yang kerap terjadi. Dimana diketahui, banyak sekali penyebab atau faktor yang menyebabkan bencana banjir. Sebagaimana diketahui, banjir dapat disebabkan oleh meluapnya air sungai akibat pembuangan sampah yang sembarangan, dapat juga karena tersumbatnya aliran air, ada juga banjir bandang yang mana disebakan jebolnya waduk atau bendungan, dan tidak kalah utama juga karena disebabkan Curah hujan yang sangat tinggi.


Seperti halnya yang telah terjadi di berbagai lokasi di Kec. Terusan Nunyai Kab. Lampung Tengah, dimana Curah hujan yang sangat tinggi sejak Rabu malam {8/3/2023} hingga hari ini, Kamis {9/3/2023} yang masih terus berlangsung, mengakibatkan berbagi titik lokasi mengalami kebanjiran. 


Berdasarkan informasi yang dihimpun Media ini, beberapa lokasi kebanjiran tersebut antara lain, Gunung Batin Udik, Gunung Batin Baru, Bandar Agung, jalan lintas Timur tepat di Simpang Tiga, dan juga salah satu nya yang berhasil di Liput MediaPanglima.com yakni, Kampung Gunung Agung, Tepatnya Di Dusun (RW) 9 RT 49 dan RT 41, dimana puluhan rumah warga direndam banjir yang cukup Tinggi.


Menurut pantauan MediaPanglima.com di Lokasi ketinggian Air yang merendam puluhan rumah warga setempat, tidak kurang dari 1 Meter. Selain dari pada itu, tidak hanya rumah warga, beberapa bidang kebun singkong di sekitaran lokasi tersebut juga rusak dan poraporanda akibat banjir yang melanda.


Berdasarkan keterangan Ketua RT 49, Yandika menjelaskan kepada MediaPanglima.com bahwasanya banjir tersebut terjadi mulai sekira pukul 01.30 Wib dini hari, dan genangan air semakin naik dengan ketinggian hingga lebih dari 1 Meter pada pukul 02.30 Wib dini hari. Pada peristiwa itu, warga segera mengungsikan perabotan rumah tangga masing-masing ke tempat rumah warga yang tidak terkena banjir.


Melihat kondisi yang dialami tersebut, Yandika selaku Ketua RT 49 berharap kepada Instansi Terkait, Baik pemerintah Kampung ataupun Pemerintah Kabupaten agar dapat membantu warga yang terdampak bencana banjir itu.


Yandika juga menambahkan, “Dirinya selaku Ketua RT 49 berharap agar kiranya di sekitaran lokasi RT 49 dan RT 41 ini dapat terealisasi Drainase dan juga dibuat tempat pengaliran air agar kedepan tidak terjadi lagi hal seperti ini,” harap nya.


Sementara, Ilham yang merupakan warga RW 9 RT 49 Kampung Gunung Agung salah satu warga yang terdampak Banjir mengatakan, “Dalam kejadian ini, saya mengalami kerugian Materiil dimana berbagai peralatan rumah tangga banyak yang tidak dapat diselamatkan, seperti Kulkas, Mesin Cuci, dan lain sebagainya bahkan termasuk Sertifikat rumah yang saya tempati ini,” ungkap nya.


Dilokasi yang sama, hal senada juga di ungkapkan oleh Subandi yang juga merupakan warga RW 9 RT 49 yang terdampak Banjir, dia mengatakan bahwasanya dalam kejadian itu cukup banyak sekali mengalami kerugian materiil dimana peralatan rumah tangga yang poraporanda terhanyut oleh banjir.


Atas kejadian tersebut, warga sekitar yang terdampak Banjir berharap kedepan agar pemerintah ataupun instansi terkait dapat mencari solusi yang baik untuk penanganan bencana banjir ini, terlebih pada saat ini sedang menghadapi musim penghujan. {Tori}


×
Berita Terbaru Update