Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketua Komisi IV DPR-RI Lakukan Kunker Ke Pesibar Sekaligus Serahkan Bantuan Alsintan

Minggu, 16 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 16, 2022 WIB Last Updated 2022-10-16T10:14:04Z

 


MP Pesisir Barat - Ketua komisi IV DPR-RI, Sudin lakukan kunjungan kerja (Kunker) sekaligus menyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Pesisir Barat Lampung.


Acara tersebut digelar di Kantor Dewan Pimpinan Cabang Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Pesisir Barat (Pesibar) di Jalan Fatmawati Soekarno Pekon Serai, Kecamatan Pesisir Tengah.


Kunjungan kerja tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP), Pamuji Lestari, Ketua komisi V DPRD Provinsi Lampung, Yanuar Irawan, Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, Ketua DPC PDIP Pesisir Barat, Pieter dan sejumlah DPRD Pesisir Barat.


"Pemberian bantuan Alsintan atau alat mesin pertanian ini dimaksudkan agar bisa membantu para petani yang ada dipesisir barat dalam mengolah lahan dan produk pertanian,"ungkap Sudin Ketua komisi IV DPR-RI. Minggu (16/10/2022).


Sudin melanjutkan, dengan penyerahan bantuan Alsintan kepada para kelompok tani itu diharapkan prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat.


"Alsintan dapat menjadi pemicu transformasi teknologi petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan," bebernya.


Dikatakannya, Tidak hanya itu ada beberapa jenis bantuan lain yang diserahkan kepada kelompok tani yang ada di pesibar.


"Bantuan yang kita serahkan hari ini berupa alat hand traktor roda dua, traktor, hand player, unit pengahan organik, sapi, dan bantuan bibit untuk membantu para petani guna meningkatkan produktivitasnya," jelasnya.


Untuk bibit sendiri ada bibit pisang dengan berbagai macam jenis seperti pisang barangan Medan, pisang Cavendish dan lainya.


Sudin mengatakan, bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pertanian yang disampaikan masyarakat kepada komisi IV DPR - RI.


Selain itu ada juga bantuan berupa ikan beku kemasan sebanyak 1.5 ton yang berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.


"Ikan kemasan itu akan dibagikan kepada masyarakat, masing-masing kepala keluarga dan akan diberika ikan seberat 3 Kilogram, Yang mendapatkan bantuan ini bukan hanya Kabupaten Pesisir Barat tapi seluruh Kabupaten yang ada di Lampung," Ucapnya

 

Dalam kesempatan itu juga beberapa kelompok tani menyampaikan permasalahan dan kendala produktivitas pertanian yang selama ini mereka hadapi selama ini.


"Tadi kita mendengarkan dari kelompok tani berbagai keluhan, kendala yang selama ini mereka hadapi dalam meningkatkan produktivitas pertanian," ucap ketua DPD PDIP itu.


Selanjutnya, menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh kelompok tani tersebut ia meminta para kelompok tani itu untuk membuat proposal sesuai permintaan yang ingin diajukan oleh kelompok tani yang ada di negeri para sai batin dan para ulama.


"Apapun yang diusulkan kelompok tani tadi bikin proposalnya dan kita minta untuk dikoordinir," ucapnya.


Dirinya berharap jika pengajuan tersebut dapat terealisasi, agar para para kelompok tani memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin.

 

"Nanti kalau bantuan yang diajukan terealisasi jangan dipake untuk sendiri, ini penting sebab itu bukan milik pribadi tapi milik kelompok tani," katanya.


"Jadi manpaatkan secara maksimal dan gunakan secara bersama dan rawat bersama," sambungnya.(Rido)

×
Berita Terbaru Update