Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati dan Ketua DPRD Tinjau Jalan Amblas

Selasa, 18 Oktober 2022 | Selasa, Oktober 18, 2022 WIB Last Updated 2022-10-18T12:03:36Z

 


MP Pesisir Barat - Jalan Lintas Barat penghubung antar Provinsi Lampung dan Bengkulu Amblas tepatnya di Jembatan Laay Kecamatan Karya Penggawa Pesisir Barat Lampung.


Akibat amblasnya Jalan lintas Barat itu membuat lalu lintas terganggu. Pasalnya, area jalan yang amblas itu memakan satu ruas jalan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan saat ini lokasi jalan amblas tersebut sudah dipasang garis polisi.


Amblasnya Jalan Lintas Barat itu diduga akibat karena tingginya curah hujan yang terjadi di Pesisir Barat, sehingga terjadi banjir dan menggerus tanah yang ada di bawah Jalan yang ada di jembatan Laay tersebut. Selasa, (18/10/2022)


Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal saat meninjau lokasi mengatakan, Jalan Lintas Barat tersebut merupakan satu-satunya akses Jalan dari Provinsi Lampung ke Provinsi Bengkulu. Oleh Karna itu, penangananya harus cepat dilakukan, agar tidak menghambat arus transportasi antar Provinsi.


" Karena ini Jalan Nasional maka kita menghimbau kepada pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) untuk segera mengatasi ini," katanya.


Agus juga meminta agar penangganan Jalan Lintas Barat tersebut langsung ditanggulangi hari ini mengingat pentingnya Jalan tersebut.


" Kita sudah komunikasikan dengan pihak PJN ini kita sedang menunggu mereka sedang ke arah sini," bebernya.


Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Pesisir Barat Agus Cik.


" Inikan Jalan Nasional penghubung antar Provinsi maka harus segera ditangani," ucapnya.


"Jangan sampai sampai tambah lebar dan rusak, inikan akses satu-satunya Penghubung Krui-Bengkulu," sambungnya.


Sebab kalau tidak segera ditangani maka akan menganggu hubungan antar Provinsi.


Sementara itu balai pelaksanaan jalan Nasional Wilayah II Lampung melalui PPK 2.3 Rusmadi mengatakan, dalam waktu dekat Jalan Lintas tersebut akan segera dilakukan perbaikan.


" Hari ini juga sudah kita sampaikan ke pimpinan, hari ini juga pimpinan akan segera turun," ungkapnya.


"Untuk sementara perintah pimpinan segera tangani lakukan pengamanan dan lakukan koordinasi dengan pihak terkait," sambungnya.


Untuk langkah awal pihaknya akan melakukan pemeriksaan jenis kerusakan terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan tindakan.


Menurutnya, penyebab amblasnya Jalan tersebut selain karena pengaruh tingginya curah hujan di wilayah tersebut. Juga disebabkan oleh struktur Jalan tersebut ada pohon kelapa dibawahnya.


" Jadi tadi kita lihat dibawahnya ada pohon kelapa ditimbunan itu, jadi karena digerus air pohon kelapa itu patah kemudian amblas," jelasnya.


"Setau saya jalan ini memang sudah cukup lama dibangunnya, jadi selain air juga dipengaruhi struktur bawahnya juga, jadi mungkin besok akan segera kita lakukan penanganan," Ujarnya 


Selain itu Pihak PJN, Akan melakukan penanganan darurat terlebih dahulu yang penting jalan lalulintas tidak terputus.


"Jadi nanti kita akan memakai pohon kelapa dulu untuk membuat jembatan darurat sambil memperbaiki timbunan dibawah jembatan baru akan memperbaiki badan jalan jembatan laay yang amblas". (Rido)

×
Berita Terbaru Update