Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Disdikbud Lampung Gandeng DKL Akan Menggelar Pekan Kebudayaan Daerah

Senin, 19 September 2022 | Senin, September 19, 2022 WIB Last Updated 2022-10-11T07:27:11Z

MP Bandar Lampung -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung gandeng  Dewan Kesenian Lampung (DKL)  akan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Helat akbar kebudayaan ini bakal berlangsung dari 24 September  - 1 Oktober 2022 mendatang. Kegiatan PKD ini diharapkan ke depan akan menjadi agenda rutin yang berlangsung setiap tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs.Sulpakar,M.M mengatakan, helat akbar PKD  kali ini mengusung tajuk : "Bangkit bersama, cerlangkan budaya, menuju Lampung berjaya". Sedangkan rangkaian kegiatan kesenian yang terbuka untuk umum ini bakal ditaja di Gedung Kesenian Lampung dan sekitarnya. Mudah-mudahan kegiatan PKD ini akan menjadi pemantik kreativitas dan semangat berkesenian  para seniman setelah sekira dua tahunan disandera pandemi Covid – 19” ujar Sulpakar.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Heni Astuti menambahkan  dalam PKD ini akan digelar berbagai acara kesenian rakyat, antara lain, Tari tradisional, Musik Tradisional, Belajar Cawa Lampung, Workshop Seni, Pameran Lukisan dan Layang-layang , dan Film Daerah. “Gelaran PKD ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba seni, bazar buku dan aneka kuliner.  “Kami menggandeng pelaku UKM untuk memarakkan kegiatan ini dengan bazar kuliner. Jadi penonton  menikmati pentas seni sambil wisata kulineran,” imbuh Heni.

Di tempat terpisah, Ketua Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung, Prof. Satria Bangsawan S.E,. M.Si meminta adanya keterlibatan seniman dan budayawan yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Diharapkan dengan  tampilnya mereka dalam ajang PKD ini selain mewarnai helat akbar kesenian Lampung, masyarakat jadi tahu dan bisa menikmati keragaman budaya Lampung yang kita cintai ini.

“PKD ini juga menjadi salah satu pengejawantahan salah satu Tugas dan Fungsi Dewan Kesenian Lampung sebagai Katalisator dan Fasilitator Seluruh Seniman yang ada di Provinsi Lampung. PKD ini ajang pesta seni daerah Lampung,” terang Satria Bangsawan.

Sementara itu, Ketua Akademi Lampung, Ir. Anshori Djausal, MT, ini berharap kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2022 ini bisa menjadi ajang kegiatan memajukan kebudayaan di Lampung, dengan membuka kesempatan seluasnya bagi masyarakat Lampung, dan terlibat dalam berbagai kegiatan Seni Budaya.  “Helat PKD ini merupakan ajang pesta kesenian Lampung. Kegiatan PKD adalah bagian dari Lampung Berjaya, " tandas Anshori Djausal. (Nila)
×
Berita Terbaru Update