Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Walikota Bandar Lampung Sabet Juara 3 Lomba Memasak Rendang

Selasa, 09 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T15:29:39Z


MP Bandar Lampung - Membawa cara masak rendang resep keluarga ke daerah asalnya, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana sabet juara 3 pada lomba Marandang atau memasak rendang di Padang, Selasa (9/8/2022).

Eva mengatakan, Lomba Marandang dan Teh Talua merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan tahunan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan pada 2022 ini diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat.

Lomba ini juga diikuti oleh seluruh perserta Rakernas APEKSI yaitu perwakilan dari pemerintah kota se-Indonesia. Sehingga selain menjadi hiburan di sela aktivitas rakernas, kemenangannya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Eva.

Rangkaian Rakernas APEKSI 2022

Melanjutkan acara di Bandar Lampung tersebut, APEKSI menggelar acara inti yaitu Rakernas APEKSI di Padang pada 7-10 Agustus 2022. Kegiatan ini membahas berbagai isu nasional mulai dari sinergi dan kolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan, hingga kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer pada tahun 2023. 

Rangkaian kegiatan pada Rakernas APEKSI yang dihadiri Eva Dwiana adalah Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes, dan Lomba Marandang & Teh Talua.

Eva Dwiana janji akan ada trobosan baru setelah Rakernas APEKSI

Kemudian, Eva Dwiana menyampaikan melalui rapat kerja nasional ini, para pemimpin kota saling membagikan ide untuk mengembangkan daerah masing-masing. Di mana nantinya akan ada trobosan bersama dalam membangkitkan daerah. 

“Makanya di sana kita saling berbagi ide dan sharing soal permasalahan daerah. Maka sinergi dan kolaborasi itu kunci dalam memajukan daerah, jadi muncul terobosan bersama dan rekomendasi dalam memajukan daerah" ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Oleh-oleh pohon durian untuk tanah Minang

Lalu, dalam kegiatan tersebut juga diadakan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh. Eva mengatakan semua perwakilan kota diminta untuk membawa pohon durian dari daerah masing-masing untuk di tanam.

"Apeksi kali ini, Kita (Walikota) diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang, Bunda Eva Berharap pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” imbuhnya.

Ajang memperkenalkan budaya Lampung ke Nusantara

Selain itu, Pemkot Bandar Lampung juga memboyong produksi UMKM di Kota Bandar Lampung untuk ikut serta dalam Indonesia City Expo (ICE) 2022, karena momen mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandar Lampung di tingkat nasional tidak mau disia-siakannya.

Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kota Bandar Lampung Riana Apriana mengatakan, Kerajinan tangan dan produk khas yang ditampilkan di stan Kota Bandar Lampung ICE 2022 adalah batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan lainnya. 

“Total ada delapan UMKM dan satu pengerajin dari Kota Bandar Lampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022. Harapannya ini bisa mengenalkan produk dan UMKM kita ke luar daerah jadi makin di kenal dan menumbuhkan perekonomian daerah,” kata Riana. (NR)
×
Berita Terbaru Update