Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Samapta Polres Tulang Bawang Patroli Dialogis ke Peternakan Sapi

Kamis, 14 Juli 2022 | Kamis, Juli 14, 2022 WIB Last Updated 2022-07-14T04:45:24Z

 


MP Tulang Bawang - Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, melaksanakan patroli dialogis ke peternakan sapi yang ada di wilayah hukumnya.


Kegiatan patroli dialogis ini berlangsung hari Rabu (13/07/2022), pukul 12.30 WIB s/d selesai, di Dusun Cakat, Kampung Menggala, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang.


"Kemarin siang, petugas kami melaksanakan patroli dialogis ke peternakan sapi yang ada di Dusun Cakat, Kampung Menggala," kata Kasat Samapta, AKP Samsul Bahri, S.A.P, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena, SIK, MH, Kamis (14/07/2022).


Lanjutnya, tujuan dilakukannya patroli dialogis ini adalah untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak terutama sapi, kerbau, dan kambing.


Kasat Samapta menjelaskan, dari hasil pengecekan langsung yang dilakukan oleh personelnya di peternakan tersebut, terdapat 5 ekor sapi dan semuanya dalam keadaan sehat, serta tidak ada yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).


"Kami mengimbau kepada para peternak sapi, agar rajin mengontrol kesehatan hewan peliharaannya. Jika didapati gelaja penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk dapat segera menghubungi dokter hewan terdekat," jelas AKP Samsul.


Ia menambahkan, ciri-ciri hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dilihat dari kondisi kesehatannya. Umumnya hewan ternak yang terjangkit akan menunjukkan gejala seperti demam dengan suhu tubuh diatas 41 derajat Celsius.


Selain itu, tubuh hewan ternak tampak lemas dan terlihat adanya lepuh-lepuh di bagian mulut, gusi, hidung, dan lubang hidung, serta mengeluarkan air liur berlebihan (hipervilasi). (*)

×
Berita Terbaru Update