Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Melalui Kesbangpol, Pemkab Pringsewu Luncurkan SIDOMASPAR

Jumat, 15 Juli 2022 | Jumat, Juli 15, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T04:48:49Z


MP Pringsewu - Guna mempermudah pemantauan dan pendataan serta pengawasan ormas dan database secara akurat berbasis digital, Pemkab Pringsewu melalui Kesbangpol setempat meluncurkan Sistem Informasi Data Ormas Dan Parpol (SIDOMASPAR).


Aplikasi ini juga mempermudah stakeholders dalam mengakses data dan informasi terkait ormas dan parpol di Kabupaten Pringsewu secara digital dan lengkap.


Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat meluncurkan aplikasi SIDOMASPAR di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Kamis (14/07/22) berharap dengan diluncurkannya aplikasi tersebut dapat menjadi jembatan penghubung silaturahmi dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dengan para pengurus dan anggota ormas serta parpol di Kabupaten Pringsewu, sehingga memberikan dampak positif dalam pelaksanaan kewajibannya, sekaligus menjadi salah satu pilar pendukung pembangunan di Kabupaten Pringsewu.


Menurutnya, Indonesia sebagai sebuah negara demokrasi memberikan kebebasan kepada segenap warganya untuk menyuarakan aspirasi-aspirasi positif agar dapat membantu terciptanya pembangunan dan kesejahteraan sosial secara menyeluruh.


"Ormas dan parpol sebagai salah satu wadah mewujudkan partisipasi masyarakat dalam rangka menampung dan menyampaikan aspirasi yang membangun dengan cara-cara yang baik dan beradab, dimana saat ini, kehidupan demokrasi kian menuntut peran dan fungsi ormas untuk terus berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan sebagai organisasi yang demokratis, profesional, mandiri dan akuntabel", katanya.


Untuk itu, lanjut Heri Iswahyudi pada acara yang dihadiri jajaran pemerintah dan forkopimda serta perwakilan ormas se-Kabupaten Pringsewu,  Pemkab Pringsewu melalui Badan Kesbangpol berupaya mengintensifkan penyuluhan, pengawasan dan pembinaan kepada ormas sehingga pengurus ormas dapat benar-benar memahami regulasi yang mengaturnya dalam rangka memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsinya di ruang publik.


"Terutama memandang jumlah ormas di Kabupaten Pringsewu yang cukup banyak dan memerlukan penanganan yang komprehensif sehingga dapat memberikan sumbangsih yang optimal untuk masyarakat. Serta dalam rangka penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Pringsewu", ujarnya.


Sementara itu, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengapresiasi diluncurkannya SIDOMASPAR di Kabupaten Pringsewu,  dan harus didukung oleh semua komponen, dimana dengan aplikasi SIDOMASPAR diharapkan dapat membawa kemajuan di dunia ormas dan parpol.


Lebih lanjut disampaikan Kapolres Pringsewu, pihaknya sangat membuka diri kepada seluruh ormas dan parpol untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan-kegiatan yang baik dan positif. "Bisa dalam segi sosial budaya bahkan keagamaan dan kegiatan lainnya yang sifatnya positif, demi kebaikan dan kemajuan Kabupaten Pringsewu", ujarnya. (Th)

×
Berita Terbaru Update