Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Adanya Wabah PMK Pada Hewan Ternak, Basuki ; Pemkot Metro Harus Cepat Antisipasi

Senin, 30 Mei 2022 | Senin, Mei 30, 2022 WIB Last Updated 2022-07-04T12:42:22Z

 


MP Kota Metro -- Adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda hewan ternak, DPRD Kota Metro melalui Basuki selaku Wakil Ketua DPRD Kota Metro, meminta kepada pemerintah Kota (Pemkot) setempat agar harus mengambil langkah untuk segera melakukan antisipasi, Senin (30/5/2022).


Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersebut, harus benar-benar menjadi perhatian yang mendalam, terlebih wabah itu, sudah melanda dan menyerang hewan ternak diberbagai daerah, terutama di daerah Provinsi Lampung.


“Pemerintah Kota harus secepatnya mengambil tindakan untuk melakukan antisipasi terhadap wabah PMK ini, terlebih bulan depan kita sudah memasuki hari raya idul Adha,” pungkas Basuki.


Langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan, kata Basuki yaitu seperti, “Sosialisasi kepada para peternak yang ada di Kota Metro, dan melakukan pemberian Vaksinasi vitamin kepada hewan ternak.”


Menurut Basuki, dengan adanya Wabah tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan harus melakukan antisipasi, karena seperti di Kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Lampung Timur, hewan ternak sudah mulai terjangkit oleh wabah itu, ratusan hewan ternak baik Kambing ataupun sapi sudah terkena. 


Oleh karenanya, sambung dia, “Kita harus gerak cepat mengantisipasi, sebab, tidak menutup kemungkinan bila kita tidak mengkarantina dan membatasi serta memberi pengawasan ketat, wabah tersebut dapat merambah hingga di Kota Metro,” ucapnya.


“Kami mensupport walikota terkait pendanaan untuk disampaikan pada teman-teman yang bekerja agar dapat membentuk tim gugus tugas. Dan untuk penyembelihan pada saat Qurban idul Adha nantinya, kami juga meminta pada dinas Pertanian dan Peternakan agar dapat berikan sosialisasi pada panitia Qurban, serta melakukan kontrol pada hewan ternak yang akan disembelih,” Pinta Wakil Ketua DPRD itu. (Red)

×
Berita Terbaru Update