Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wagub Lampung Adakan Pelepasan Minyak Goreng dan Buka Pasar Murah Bersubsidi di Tulang Bawang Barat

Selasa, 26 April 2022 | Selasa, April 26, 2022 WIB Last Updated 2022-04-26T14:30:30Z

 


MP Tubaba - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melakukan pelepasan minyak goreng dan membuka Pasar Murah Bersubsidi Bahan Pokok, di Halaman Pasar Modern Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Selasa (26/4/2022).


Kegiatan ini demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhannya terutama bahan pangan pokok.

 

"Ini program yang sangat diperhatikan oleh Pak Gubernur Arinal Djunaidi, bagaimana ibu-ibu bisa mendapatkan harga sembako murah," ujar Wagub Chusnunia.


Harga bahan pangan pokok tersebut disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Lampung untuk keperluan harian maupun dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M. 


"Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," ujar Wagub Chusnunia. 


Paket yang disebar sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini, harap Wagub Chusnunia, dapat didistribusikan dengan tepat sasaran.


Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni melaporkan bahwa mekanisme pelaksanaan pasar murah bersubsidi ini dilakukan dengan cara distribusi oleh pamong setempat dengan persyaratan yang telah ditentukan. "Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19," ujar Elvira. 


Elvira menuturkan paket yang disebar sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, yaitu Tulang Bawang Tengah sebanyak 400 paket, Tulang Bawang Udik sebanyak 400 paket, Tumijajar sebanyak 400 paket, dan Pagar Dewa sebanyak 300 paket.


Adapun komoditi yang disubsidi yakni tepung terigu 2kg, Telur 1kg, Bawang Putih 1kg, dan minyak goreng kemasan 900ml. Satu paket ini apabila beli dengan harga pasaran di Pulung Kencana, maka seharga Rp. 111.500. Karena mengambil melalui distributor, didapatkan seharga Rp 85.500.


"Karena disubsidi, maka masyarakat menebusnya dengan harga Rp 70.000 per paket," katanya. 


Selain itu, Elvira mengatakan bekerjasama dengan PT. Aman Jaya Perdana disediakan minyak goreng curah sebanyak 3.000 liter yang dijual ke masyarakat dengan harga HET Rp 14.000 per liter. Dengan masing-masing masyarakat mendapatkan 5 liter minyak curah.


Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas penyelenggaraan pasar murah bersubisidi bahan pokok dan pendistribusian minyak goreng curah. 


"Sungguh ini pasti membantu masyarakat, serta dalam rangka ketersediaan dan stabilitas harga," ujar Umar.


Kegiatan ini, harap Umar, menjadi wujud kehadiran Pemerintah ditengah-tengah masyarakat. (*)

×
Berita Terbaru Update