Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PT. MBM Palembang Buka Peluang Bermitra Budidaya Lebah Klanceng Bagi Masyarakat Lampung Tengah

Sabtu, 30 April 2022 | Sabtu, April 30, 2022 WIB Last Updated 2022-04-30T13:41:49Z

 


MP Lampung Tengah -- Dalam upaya memperluas jaringan mitra kerjanya, PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM) yang beralamatkan di Jalan Letda Abdul Rozak No.14 Kota Palembang, yang merupakan cabang dari PT Mahakarya Berkah Madani yang beralamat/korespondensi di Komplek Parahyangan Permai Blok K Nomor 7, kelurahan Ciwaruga, kecamatan Parompong, kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Produksi Madu dengan cara budidaya ’Ternak Lebah Klanceng‘ atau dalam bahasa latinnya Levicep Trigona.


Dalam hal ini melalui Pimpinan Cabang (Pinca) PT. Mahakarya Berkah Madani Palembang, Harmoko Lomban Gaol, berusaha menperluas jaringan kemitraan dengan lapisan masyarakat dalam membudidayakan lebah madu klanceng tersebut. Salah satunya kepada para Wirausahawan dan masyarakat kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Sabtu, (30/04/2022)


Selaku Pimpinan Cabang (Pinca) PT. Mahakarya Berkah Madani Palembang, Harmoko Lomban Gaol mengatakan bahwa, untuk menjadi mitra dan menjalin kerjasama dengan perusahan tersebut tidaklah sulit.


“Untuk bermitra dengan PT. MBM itu sangat mudah, yang paling utama para calon mitra harus punya atau menyiapkan Vegetasinya dulu yaitu tanaman untuk makanan Lebah Klancengnya, salah satu paroritnya bunga matahari, bunga Santos, bunga Kaliandra dan masih banyak yang lainya,” katanya.


Masih Harmoko, “Langkah selanjutnya kita mempunyai program 3 M yaitu yang pertama Membeli, jadi mitra akan membeli bibit lebah madu klanceng kepada kita seharga Rp 1.200.000 per-Stup (Kotak), yang kedua mitra Merawat atau memeliharanya selama 4 bulan dan yang ketiga adalah Menjual, jadi setelah merawat selama jangka waktu tersebut, mitra sendirilah yang nantinya akan menjual hasil madunya kepada kita dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp 400.000 /Stupnya,” terang Pinca PT. MBM Harmoko.


Selain itu, dirinya juga menjelaskan jenis-jenis produk madu yang diproduksi oleh PT Mahakarya Berkah Madani diantaranya;

~ Madu Sun Honey MBM.

~ Madu Samawa Sun Honey Mahakarya.

~ Madu Imunic Mahakarya.

~ Madu Pria Mahakarya Perkasa.

~ Madu Gemuqin Mahakarya.

~ Madu Sun Honey Kids Mahakarya dan masih banyak lainya, jelasnya.


M. Noerbakat, atau yang akrab dengan sapaan ’Abeng‘ merupakan orang Lampung Tengah pertama yang sudah bermitra dengan PT. MBM mengatakan bahwa, dirinya sudah memulai menjalin kerja sama sejak bulan Desember 2021 yang lalu, dan sudah pernah merasakan hasil panen madu dari budidaya lebah klanceng ini.


“Pada beberapa waktu yang lalu kita sudah melakukan panen dan saat ini kami kelanjutan untuk tahap berikutnya. Dari kemitraan ini berdasarkan komitmen-komitmen dan ketentuan di MoU-nya berjalan sesuai dengan kesepakatan dari awal sampai panen tidak ada masalah dan Alhamdulillah kami sudah menikmati hasilnya,” ungkap M. Noerbakat.


Ditempat yang sama, Bambang, yang juga sebagai agen Pengecer bibit lebah klanceng/Stup dikecamatan Way Pengubuan mengatakan, “Pada hari ini mengantarkan Stup pertama kepada bapak H. Aripin, sebagai langkah awal bermitra dengan PT. MBM”.


Dimana setelah pensiun dari sebuah perusahan, lanjut Bambang, “Bapak H. Aripin ini, ingin mengisi masa tuanya dengan kegiatan yang tidak banyak menguras fisik dan tenaga. Dan Alhamdulillah dirinya berminat usaha ini, dibuktikannya pada hari ini beliau menerima Stup pertama untuk bermitra dengan PT. MBM,” tandasnya


Di ketahui bahwa Bapak H. Aripin ini adalah salah satu warga yang tinggal di komplekan Perum Kopkar Dwikarya GGP, Lempuyang Bandar, Kec. Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. (Tori/Nizar)

×
Berita Terbaru Update