Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Nanang Ermanto: Pancasila Merupakan Pundamen dan Harus di Pahami Setiap Elemen Masyarakat

Senin, 25 April 2022 | Senin, April 25, 2022 WIB Last Updated 2022-04-25T04:48:50Z

 


MP Lamsel -- Hi Nanang Ermanto bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamsel meresmikan Kampung Pancasila di Desa Trans Tanjungan, Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu (23/4/2022).


Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita dan Pelepasan Balon oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Komandan Kodim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si dan Kepala Kepolisian Resor AKBP Edwin.


Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan Pancasila merupakan fundamen dasar yang harus dipahami dan diamalkan oleh setiap elemen masyarakat. Oleh karenanya, dengan dibentuknya Kampung Pancasila ini diharapkan mampu menjadi langkah strategis, dalam upaya memantapkan solidaritas persatuan dan kesatuan antar warga. “Pentingnya fundamen dasar pancasila, pancasila digali oleh Ir. Soekarno, bagaimana untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat yang bersuku-suku dan beragama. Tidak gampang bapak ibu sekalian untuk menyatukan Indonesia, banyak suku dan budaya,” kata Nanang.


Lebih lanjut Nanang mengungkapkan, salah satu bentuk pengamalan Pancasila yang dapat dilakukan pada era digital saat ini, yaitu dengan menggali berbagai potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah. Mulai dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). “Alhamdulillah kita sekarang sudah bisa menikmati apa yang digali dan diwariskan oleh para pejuang kita, yang menggali pancasila adalah Ir. Soekarno. Kita sebagai manusia yang memiliki pemikiran harus menggali potensi. Mengisi kemerdekaan apa yang harus kita lakukan, untuk mengembangkan potensi tadi, karena potensi kita luar biasa,” ujarnya.


Nanang juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada akan ancaman radikalisme yang dapat merusak eksistensi pancasila, serta berujung pada hancurnya kesatuan bangsa dan negara Indonesia.


Sementara, Komandan Kodim 0421/LS Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si dikesmpatan itu menjelaskan mengenai nilai-nilai penting, yang terkandung didalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Yang mana, kelima sila tersebut saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan.


Menurutnya, Pancasila merupakan salah satu warisan Indonesia yang harus terus dijaga kelestariannya ditengah masyarakat. Hal ini dikarenakan, pancasila merupakan jaminan kesetaraan bagi seluruh masyarakat bangsa Indonesia yang beragam. “Kita patut bersyukur karena disaat negara ini berdiri, disaat negara ini merdeka kita diwarisi sebuah ideologi yang sangat luar biasa. Ideologi itu bernama pancasila. Pancasila ini adalah warisan, sebuah negara membutuhkan ideologi, sebuah dasar, sehingga negara itu tidak terombang-ambing,” jelasnya. (Sho/kmf)

×
Berita Terbaru Update