Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jelang Lebaran, Jokowi Ingatkan Pejabat Tak Gelar Halal Bihalal

Rabu, 27 April 2022 | Rabu, April 27, 2022 WIB Last Updated 2022-04-27T09:50:54Z

 


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepada seluruh pejabat pemerintahan tidak menggelar halal bihalal saat merayakan lebaran. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.


Jokowi menginginkan para pejabat dapat mematuhi imbauan ini dan tidak mengabaikan. Apalagi sampai dengan sengaja menggelar halalbihalal meski sudah menerapkan protokol kesehatan ketat. 


“Pemerintah mengajak sebaiknya tidak (menggelar halalbihalal). Utamanya untuk para pejabat,” ujar Jokowi seperti yang dikutip dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (27/04/2022). 


Lebih dari itu Jokowi menegaskan dirinya juga tidak akan mengadakan halalbihalal selama 

melangsungkan lebaran di Yogyakarta. Karena menurutnya hal demikian berpotensi besar 

menciptakan kerumunan masyarakat.


“Tidak, tidak ada. Seperti yang saya sudah pernah sampaikan untuk halal bi halal, terutama yang menyangkut dengan kerumunan orang banyak,” jelas Jokowi. 


Presiden menyampaikan pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini dirinya tidak akan melakukan perjalanan mudik ke Solo. Jokowi justru akan menjalankan ibadah salat Idul Fitri di Kota Gudeg, Yogyakarta. 


“Kalau saya mudik itu di Solo. Tapi saya enggak ke Solo tapi ke Jogja. Insya Allah iya (salat Idul Fitri di Yogyakarta).” Imbuh Jokowi. 


Sebelumnya Kementerian Agama telah menyampaikan, secara hisab posisi hilal di Indonesia kemungkinan bisa terlihat lebih awal. Karena itu penentuan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H antara pemerintah dengan Muhammadiyah berpotensi sama yakni jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.(*) 

×
Berita Terbaru Update