Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Membentuk Karakter Siswa/i Untuk Cintai Sejarah dan Budaya, Pemkot Metro Gelar LCC

Selasa, 22 Maret 2022 | Selasa, Maret 22, 2022 WIB Last Updated 2022-03-22T12:53:31Z

 


MP Metro -- Sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa/i agar lebih mencintai sejarah serta budaya, pemerintah kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC). Lomba berlangsung di Rumah Informasi Sejarah (RIS) Dokter Swoning pada Hari Senin (21/3/2022) kemarin.


Acara itu turut dihadiri juga oleh Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin dan didampingi oleh bunda Literasi kota Metro, Silfia Naharani. Lain dari itu ada juga Suwandi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) kota Metro.


Mengawali acara, Suwandi menyampaikan laporan nya, dimana dia mengatakan, "Tujuan diadakannya Lomba ini ialah untuk memotivasi sekolah agar berperan aktif guna mengembangkan kemampuan dalam membaca, dan lain dari itu juga bertujuan untuk membentuk karakter pada siswa/i agar lebih mencintai sejarah serta budaya." Jelas Suwandi


Masih lanjut Suwandi selaku Kadisdikbud, "Untuk acara Lomba Cerdas Cermat (LCC) ini sendiri, diikuti siswa/i SMP, baik SMP Negeri maupun SMP Swasta se-Kota Metro, dengan jumlah siswa/i sebanyak 27 orang. Dan untuk penyelenggaraan acara LCC ini, akan berlangsung selama 3 hari, dan dimulai sejak Senin (21/3) hingga Rabu (23/3/2022)," Pungkas dia.


Sementara itu, dalam mengawali sambutannya, Walikota Wahdi Siradjuddin mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas acara LCC tersebut. Karena menurut dia LCC merupakan kegiatan yang sangat baik, yang mana dengan kegiatan tersebut dapat mewujudkan kualitas Pendidikan dan Kebudayaan yang berdaya saing tingkat Nasional dan Global.


"Dengan kegiatan ini, kita dapat wujudkan kualitas terbaik dan berdaya saing tingkat Nasional dan Global, dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan, Dimana seperti yang sudah tertuang pada RPJMD tahun 2021--2026 kota Metro, yang Bahwasanya mewujudkan kota Metro menjadi kota yang Berpendidikan, sehat, Sejahtera dan berkebudayaan," tutur Walikota Wahdi.


"Berbagai program di lakukan Pemkot Metro guna untuk membentuk Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang). Untuk kita dapat wujudkan itu semua, maka diperlukan pemahaman sejarah agar dapat memahami perubahan Peradaban dari masa ke masa. Lain dari itu, melalui sejarah, kita juga dapat lebih mengenal Budaya, tradisi serta para tokoh pahlawan dan permusiuman," jelas Wahdi


Lebih lanjut Walikota Wahdi juga menjelaskan bahwa, "Dengan memperkenalkan sejarah dan mesium kepada generasi muda, maka hal itu bisa membuat para generasi muda meneladani sikap Patriotisme para Pahlawan kita, serta dapat menjadi sarana untuk menanamkan teladan Nasionalisme dan Patriotisme pada mereka," tutup nya. (Tori)

×
Berita Terbaru Update