Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jokowi Beberkan Solusi Atasi Polemik Minyak Goreng di Hadapan Petani Sawit

Kamis, 24 Maret 2022 | Kamis, Maret 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T04:14:44Z

 


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan alternatif solusi dalam mengatasi persoalan harga mahal serta Kelangkaan minyak goreng. Salah satu yang menjadi usul Jokowi yakni mendorong produktivitas Petani Sawit Swadaya dengan mandiri memproduksi minyak goreng.


Hal itu diungkapkan langsung oleh perwakilan Petani Sawit Swadaya, Rukaiyah Rafik. Dia mengatakan, Jokowi mendukung penuh rencana koperasi Petani Sawit Swadaya untuk memproduksi minyak goreng. 


Menurut Jokowi, kata Rukaiyah, langkah tersebut berimbas positif pada pemenuhan ketersediaan minyak goreng di masyarakat. Bahkan dapat pula menurunkan harga minyak goreng di pasaran.


"Satu juga dicatat bapak presiden adalah rencana untuk bagaimana mendorong koperasi-koperasi petani swadaya untuk memproduksi minyak goreng," ujar Rukaiyah usai audiensi dengan Jokowi di Istana Mardeka, dilihat dari Channel Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (24/3/2022).


Rukaiyah menambahkan usulan yang dilontarkan Jokowi menjadi sebuah solusi yang harus segera diambil. Sebab dengan begitu dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh minyak goreng tanpa perlu pusing mencari.


"Sehingga minyak goreng tidak lagi langka seperti sekarang dan bisa diakses secara murah dan mudah oleh masyarakat luas," ucap Rukaiyah.


Lebih lanjut dia menyebut bahwa selama Petani Sawit Swadaya telah memiliki peran yang cukup penting. Terutama, lanjut dia, dalam upaya memenuhi ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat.


Karenanya ke depan Rukaiyah akan menyiapkan setiap kebutuhan yang diperlukan agar dapat memproduksi minyak goreng secara mandiri. Dengan begitu target untuk stabilitas minyak goreng dapat segera tercapai.


"Perlu kami sampaikan bahwa kontribusi produksi minyak sawit di Indonesia itu, 45 persen berasal dari petani swadaya," pungkas Rukaiyah.(*) 


×
Berita Terbaru Update