Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Waka Polres Tulang Bawang Barat Hadiri Simulasi Pemungutan & Penghitungan Suara Di TPS.

Rabu, 31 Januari 2024 | Rabu, Januari 31, 2024 WIB Last Updated 2024-01-31T01:48:42Z

 


MP Tubaba - Waka Polres Tulang Bawang Barat Kompol Heru Sulistyananto, S.H., M.H., bersama Puluhan personel Polsek Gunung Agung, Polres Tulang Bawang Barat, turut serta dalam kegiatan Simulasi Pemungutan Suara di TPS menjelang Pemilihan Umum tahun 2024. 


Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh KPU dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah serta perwakilan dari masing-masing partai. Simulasi tersebut dilaksanakan di Lapangan Tiyuh Mulya Sari, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Selasa, (30/1/2024).


Adapun yang hadir dalam kegiatan simulasi tersebut yaitu, Ketua KPU Provinsi Lampung (Erwan Gustami), Ketua KPU Tulang Bawang Barat (Yudi Agusman), Kadis Kesbangpol Kab Tulang Bawang Barat (Mubarok Daud), Dandim 0412 Lampung Utara (Diwakili Serka Andi Bintarwan) Kapolres Tulang Bawang Barat (Diwakili Wakapolres Tulang Bawang Barat, Kompol Heru Sulistyananto,S.H.,M.H ), Kejari Tulang Bawang Barat ( Diwakili Yan Bastian Simalango,S.H) dan Ketua Bawaslu Kab. Tulang Bawang Barat (Diwakili Ceccep Ramdhani). 


Selanjutnya, dihadiri oleh Kapolsek Gunung Agung (Iptu Irwan Susanto,SE.MM), Camat Gunung Agung Tubaba (Diwakili Sekcam Dewanto), Arya Saputra,SE (Perwakilan DPC Partai Gerindra), Roni,S.I.P (Perwakilan DPC Partai Hanura), Kepalo Tiyuh Mulya Sari (Muhammad Jainuri) dan PPK Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat.


Waka Polres Tulang Bawang Barat Kompol Heru Sulistyananto, S.H, M.H mengatakan, simulasi pengamanan TPS ini bagian dari persiapan dan pembekalan kepada personel Polres Tulang Bawang Barat, yang nantinya bertugas dalam pengamanan di TPS, saat pemungutan suara Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.


"Giat simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) ini dilakukan, sebagai latihan dan pedoman kita untuk mengetahui apa-apa saja yang semestinya kita lakukan dalam kegiatan pengamanan Pemilu nanti," kata Waka Polres Tubaba Kompol Heru Sulistyananto. 


Dalam pengamanan TPS, lanjut Waka Polres Tubaba, harus punya pemahaman yang benar, terhadap kewajiban dan larangan bagi petugas pengamanan. Kemudian, setiap TPS memiliki kondisi dan dinamika yang berbeda-beda, yang perlu diantisipasi. 


"Dengan latihan ini, diharapkan personel lebih siap menghadapi kendala-kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pemilu," harapnya.


Ia juga meminta kepada para kapolsek jajaran, nantinya bisa mempraktikkan hal serupa di polsek masing-masing, atau bahkan di titik-titik lokasi TPS dalam wilayah pengamanannya. 


"Sehingga, nanti rekan-rekan anggota jajaran Polsek juga memiliki pemahaman yang lebih baik," ujarnya.


Selain harus memahami tugas pokoknya, Kompol Heru Sulistyananto, S.H., M.H., juga berpesan kepada seluruh personel yang akan terlibat dalam pengamanan TPS, agar melaksanakan pengamanan dengan sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab.


"Pihaknya berharap, program-program kepolisian yang telah dilaksanakan bisa menjadi kunci keberhasilan dalam mengamankan semua tahapan Pemilu dan menjamin keamanan Kabupaten Tulang Bawang Barat, hingga puncaknya pada 14 Februari 2024 nanti," pesan Waka Polres Tubaba Kompol Heru Sulistyananto. 


Sementara pada kesempatan yang sama, Yudi Agusman selaku Ketua KPU Tulang Bawang Barat, bahkan yang memimpin berlangsungnya simulasi tersebut menjelaskan, bahwa pada hari pemilihan, pemilih wajib membawa KTP dan formulir C pemberitahuan, bukan sebagai tiket masuk ke bilik suara. 


"Jika tanpa KTP, ketua KPPS memiliki kewenangan untuk meminta pemilih pulang mengambil KTP," pungkasnya. (Kod)

×
Berita Terbaru Update