Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Capaian Dana Desa Sumber Rejo Tubaba

Selasa, 04 Juli 2023 | Selasa, Juli 04, 2023 WIB Last Updated 2023-07-04T02:33:02Z


MP Tubaba - Pemerintah Tiyuh Sumber Rejo Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sudah terealisasi dan tepat sasaran serta prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023.


Hal tersebut disampaikan Kepala Tiyuh Joko Suprianto SE, saat ditemui di ruangan kerjanya pada, Senin (3/7/2023).


“DD Tahun 2023 Alhamdulillah sudah terealisasi tepat sasaran Adinda, BLT DD 10% dari pagu anggaran DD untuk 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk Pembangunan jembatan usulan masyarakat suku 2 dan 3, memberikan bantuan 7 kelompok wanita tani di suku 5 akan kita berikan kolam terpal, bibit ikan dan pakan ikam selain pembibitan", jelas Joko.


”Selain ke 7 kelompok KWT kita bentuk 20 kelompok dasa wisma yg beranggotakan 15 orang per kelompok akan kita berikan pembibitan seperti cabe terong tomat dll serta akan kita tambahkan ayam".


"Selain itu kami pun memberikan santunan ke keluarga yang meningal dan kurang mampu dan ke agama di sekitar Sumber Rejo", pungkasnya.


Oleh karena sebab itu, sambung Joko Suprianto, “Dana yang tidak terpakai di Tahun Anggaran 2022 kami pergunakan untuk Silpa”, sambungnya.


Masih kata Joko Suprianto, ”Anggaran Dana Desa juga kami realisasikan untuk kegiatan rutin Tiyuh seperti penambahan makanan Balita, Posyandu, penambah makanan ibu hamil, makanan tambahan untuk anak-anak terdampak Stunting, DLL".


Disisi lain Joko Suprianto juga menjelaskan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 akan mengikuti amanah dari Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia (RI) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.


“Peraturan tersebut dijelaskan bahwa prioritas untuk peningkatan sumber daya manusia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemukan seperti penanganan stunting, pelaksanaan padat karya tunai, pengembangan ekonomi Tiyuh serta penanganan bencana alam,” jelasnya.


Beliau juga mengungkapkan sesuai amanah Permendes yang terbaru yang mengatur Bantuan Langsung Tunai (BLT) maksimal 25% pihak nya akan menyalurkan bantuan tersebut yang memang benar-benar terdampak kemiskinan ekstrem kemudian yang terdampak penyakit menahun.


Beliau juga menambahkan Dana Desa TA 2023 akan direalisasikan untuk pemeliharaan Balai Tiyuh dan Poskesti.


“Selain untuk pemeliharaan insyaallah Tahun 2023 ini Tiyuh akan memperbaiki jalan usaha tani, karena sangat penting bagi petani untuk untuk mengeluarkan hasil petani", tuturnya.


Pihaknya juga berharap kepada segenap lapisan masyarakat Tiyuh Sumber Rejo agar dapat terus mendukung berbagai program Pemerintah Tiyuh.


“Pentingnya peran serta dukungan dari masyarakat agar terus mendukung Pemerintah Tiyuh dalam upaya memajukan pembangunan dan pemulihan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Tiyuh,” harapnya. (*)

×
Berita Terbaru Update