Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Launching Pojok Dekranasda, Gubernur Lampung Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas dan Produksi Kerajinan

Jumat, 18 Maret 2022 | Jumat, Maret 18, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T13:21:11Z


MP Bandar Lampung - Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal melakukan Launching Pojok Dekranasda, Kartu Anggota Dekranasda dan Buku Kuliner Khas Lampung, bertempat di halaman kantor Dekranasda Provinsi Lampung, Jum'at (18/03/2022).


Dengan dilaunchingnya Pojok Dekranasda diharapkan akan  mendukung kebangkitan ekonomi Provinsi Lampung, dimana dimasa pandemi Covid-19 perekonomian tidak berjalan dengan baik, perajin mengalami kesulitan pemasaran dikarenakan pembatasan perjalanan wisata dan pembatasan kegiatan masyarakat.


Ketua Dekranasda dalam sambutannya menjelaskan bahwa Launching Pojok Dekranasda bertujuan untuk  memberikan ruang kepada perajin dan UMKM Lampung untuk menampilkan produk unggulan dan pemasaran produk - produk kerajinan serta  menjadi ajang promosi.


Dijelaskan pula bahwa Pojok bazzar kuliner UMKM dan musik jalanan akan digelar pada setiap Jum' at dan Sabtu bertempat di halaman kantor Dekranasda Provinsi Lampung, kegiatan dimulai pada pukul 15.00 WIB  - 21.00 WIB.


"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan - kegiatan yang digelar oleh Dekranasda Provinsi Lampung", ucap Riana Sari.


Riana Sari juga terus mendorong warga masyarakat untuk mencintai dan membeli produk - produk dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah di Launching pada tanggal 17 Maret 2022 oleh Gubernur Lampung.


Sementara itu dalam kesempatan Launching Pojok Dekranasda,  Gubernur Arinal menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dekranasda Provinsi Lampung yang telah menginisiasi kegiatan - kegiatan yang mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya menggerakkan roda perekonomian, salah satunya dengan inovasi kegiatan yang digelar pada hari ini.


"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi upaya Dekranasda untuk membangkitkan UMKM melalui kegiatan - kegiatan yang inovatif dan dikembangkan secara terus menerus", ucap Gubernur.


"Saya juga akan membangun Destinasi Wisata di Bakauheni, diharapkan dapat menjadi sarana pemasaran produk - produk perajin dan UMKM yang ada di Provinsi Lampung", jelas Arinal.


Gubernur Arinal juga mengapresiasi para pelaku usaha dan UMKM yang telah berjuang dan bekerja maksimal dan turut berperan serta aktif menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Lampung.   


Gubernur menekankan agar terus ditingkatkan kemampuan perajin dan UMKM melalui pelatihan - pelatihan dan pendampingan Dekranasda untuk lebih mengembangkan hasil kerajinan yang mampu bersaing dengan produk - produk kerajinan lainnya.


Dekranasda bersama - sama dengan Pemerintah Daerah akan terus berupaya meningkatkan daya saing produk - produk perajin dan UMKM di Provinsi Lampung dengan berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia.


Pada kegiatan Launching dilakukan pula Peluncuran Buku Resep Kuliner Khas Lampung yang ditandai dengan penyerahan Buku kepada perwakilan penerima, penyerahan hadiah kepada pemenang lomba pada gelaran lomba yang diselenggarakan oleh Dekranasda Provinsi Lampung dalam rangka Peringatan HUT Provinsi Lampung ke-58, dan Launching Kartu Anggota Dekranasda yang ditandai dengan penyerahan Kartu Anggota Dekranasda oleh Gubernur Lampung kepada perwakilan Perajin Binaan Dekranasda Provinsi Lampung. 


Kartu Anggota Dekranasda merupakan identitas perajin yang telah dibina oleh  Dekranasda Provinsi Lampung yang memberikan manfaat dan memberikan kemudahan akses usaha serta  pendampingan kepada para perajin, saat ini telah terdaftar sebanyak 87 anggota.


Disela kegiatan dilakukan penandatanganan prasasti baju adat, dimana baju adat Lampung dipakai oleh Presiden Republik Indonesia saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT RI ke 76.


Peresmian Pojok Dekranasda Provinsi Lampung ditandai dengan pemotongan untaian bunga oleh Gubernur Lampung didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, yang dilanjutkan dengan peninjauan stand dan bazzar kuliner.


Acara juga dihadiri Desainer Nasional, Didiet Maulana, Kepala Perwakilan BI, Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Kabupaten / Kota se Provinsi Lampung, Perajin Binaan Dekranasda, segenap pengurus Dekranasda Provinsi Lampung. (*) 

×
Berita Terbaru Update