Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Lamsel Nanang Ermanto Ingatkan Kades Agar Tidak Melanggar Hukum

Selasa, 15 Februari 2022 | Selasa, Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T14:40:59Z

 


MP Lamsel -- Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto memberikan pembinaan kepada aparatur Desa Negararatu, Kecamatan Natar, Senin (14/2/2022).


Pada sesi materi, Nanang Ermanto menegaskan kepala desa sebagai pemimpin didesanya harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan aturan serta tidak melanggar hukum.


“Tugas utama kepala desa adalah menjalankan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan menciptakan keamanan dan ketertiban didesanya,” tegas Nanang.

 

Bupati Lampung Selatan itu juga menyampaikan, camat bersama aparatur desa harus bersinergi proaktif meningkatkan potensi desa terutama dari segi wisata dan usaha menengah kecil mikro (UMKM) untuk mendongkrak pendapatan warga ditengah masa pandemi COVID-19 ini.


“Jadi camat dan para aparatur desa harus bisa bersama-sama bergotongroyong menciptakan perekonomian yang berdampak pada peningkatan pendapatan untuk warga setempat baik dari segi pariwisatanya dan UMKM untuk dapat dibina,” ucap bupati.


Ia juga mengingatkan, untuk terus meningkatkan protokol kesehatan yang berlaku demi memutuskan rantai penularan COVID-19 varian omicron yang saat ini sedang merebak.


Sementara, Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan Edi Firnandi mengungkapkan untuk aparat desa dapat bersinergi dengan disdukcapil dalam hal pelayanan kependudukan.

 

“Maka dari itu saya berharap antara aparatur desa dan disdukcapil ada sinergi yang kuat serta untuk kepala desa untuk aktif dalam melaporkan setiap kejadian seperti kelahiran, pernikahan serta kematian supaya adanya sinkronisasi data,”ungkapnya.


Edi juga memperkenalkan program layanan ID DIGITAL untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan akses data pribadi hanya melalui handphone.


“Nanti akan ada aplikasi yang mirip dengan pedulilindungi, nantinya semua data seperti KTP, Akte dan KK akan dengan mudah diakses secara digital melalui aplikasi tersebut,”tambahnya.(*)

×
Berita Terbaru Update